CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Minggu, 27 Juli 2008

MENCARI ILMU edisi Pejuang Survival

Semester Pendek


Seorang kawan saya yang sangat baik dan sedang berjuang untuk keluar dari wilayah degradasi Fikom via PAKT, pada jam 11 malam ini berkisah (tentang dirinya sendiri) dengan ‘cuaca’ yang cenderung mengeluh.

Oh shit.. tugas kuliah gue ada empat biji dong. Oh tidak marisol, baru aja masuk ternyata udah begitu banyak tugas. Ntar lo bantuin ya.. Cuma ngerangkum doang, lo yang nge-list bagian penting-pentingnya terus ntar gue yang ketik..

iya.. nge-list-nya pake stabilo aja. Biar bagus..” Seorang kawan yang cukup ‘cerdas’ ikut mencoba memberikan saran dengan sangat bangga. Mungkin dia merasa sarannya itu adalah sesuatu yang brilian dan jarang orang lain yang tahu.

Ada yang menarik. Kawan yang baik itu bilang kalau dia baru aja masuk. Entahlah.. Yang dimaksud BARU AJA itu adalah perkuliahan baru mulai atau dia sendiri yang baru masuk kuliah. Sebab yang saya tahu, Semester Pendek atau SP (yang katanya bisa memberikan nilai bagus buat mahasiswa yang punya hobi ‘survive’ dalam mencari ilmu) itu udah start dari minggu-minggu kemarin. Etntahlah (pula).. sebab ketidaktahuan saya itu karena saya sendiri sudah tidak kuliah lagi. Jadi? Mana tahu saya tentang jadwal segala macam SP kayak gitu.. Tapi membantu kawan, tentu saja saya tidak keberatan sama sekali.

Masuk kamar .. lihat-lihat sekeliling, saya sama sekali tidak menemukan buku yang harus saya corat coret dengan stabilo sesuai dengan permintaan kawan saya tadi. Stabilo? Saya sebenarnya belum pernah melihat alat tulis sepeti itu dikamar ini. Tapi itu tidak begitu prinsip karena yang lebih penting adalah saya perlu tahu; (1) Tugas itu buat mata kuliah apa? (2) Buku yang harus dirangkum itu buku apa dan mana bukunya? (3) Dikumpulinnya kapan? (4) Yang punya tugas kemana sekarang? (5) Dan lain-lain yang berkaitan dengan itu ..

Sepertinya saya tidak perlu begadang malam ini karena kawan yang baik itu ternyata sudah terlelap dengan nyaman. Mungkin terlalu capek tadi habis nonton film di Bioskop 21 Jatinangor Town Square dengan sedikit billiard sesudahnya plus nge-game dulu sama kawan-kawan yang lain. Walhasil.. entahlah (sekali lagi) apakah tugas itu akan dikerjakan atau tidak. Saya tiba-tiba menjadi ngantuk juga. Sudahlah.. semua manusia sangat berhak untuk berniat (secara gitu loh Hak Asasi Manusia..), tapi memang ternyata tidak semua punya ‘kekuatan’ untuk melaksanakannya. Wallahua’lam bish shawab..

Pondok Nadin – Jatinangor, 23 Juli 2008
Pukul 03.31 menjelang subuh

--------------------oooooooo------------------

Tidak ada komentar: