CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Rabu, 12 Januari 2011

BELAJAR MENIKMATI SORE : Catatan Sebuah Prolog dan Puisi

" Kopi Sore "
ilustrasi oleh: airbening21


ILUSTRASI SENJA
sebuah puisi dari seorang kawan


- membuat prolog atau kalimat pembuka dengan lagak editorial adalah hal yang cukup sulit bagi saya, namun saya senang memaksakannya. Yah, namanya juga catatan iseng .. -

MENCARI inspirasi tentu semua orang bisa, itulah kenapa manusia dianugerahi oleh-Nya kemampuan untuk berpikir dan mengolah inderanya. Semua hal bisa menjadi inspirasi, termasuk hal-hal yang terkadang samar. Kemampuan ‘merangkai’ apa yang terlintas itu disebut dengan imajinasi. Banyak hal bisa dijadikan media untuk mengaplikasikan imajinasi positif manusia, diantaranya lukisan, musik, catatan-catatan harian, dan juga puisi. Semuanya mengandung makna sebuah dokumentasi.

Hari-hari yang penuh cerita, seandainya bisa diabadikan mungkin akan menghasilkan banyak karya. Tapi tidak semua manusia bisa memperoleh inpirasi itu. Salah satunya saya sendiri, untuk itulah saya merasa berterima kasih kepada kawan-kawan yang bisa memberi inspirasi itu bisa djabarkan dalam bentuk sesuatu yang bisa ‘bercerita’. “.. jadilah saksi untuk sejarahmu sendiri, setidaknya kamu telah mengabadikan jejakmu sebelum ia terhapus waktu ..”, kalimat itu pernah saya ingatkan kepada seorang kawan untuk member apresiasi untuk tulisan-tulisannya yang luar biasa. Kenapa luar biasa? Sebab ia telah menulis tentang apa yang pernah dialaminya semenjak dia masih kecil, sekira SD kalau tidak salah. Luar biasa tentunya.

“.. jika tak bisa menjadikan dirimu sebagai inspirasi untuk dirimu sendiri, maka jadikanlah segala hal yang ada disekitarmu sebagai inspirasi itu ..”, seorang kawan telah membuat banyak karya. Ia adalah seorang yang luar biasa. Saya mengapresiasinya, sangat .. Dan saya merasa tersanjung saat ia membuat puisi yang begitu hebat, bukan karena saya jadi bagian dari tema puisi itu. Tapi karena ia bisa mengolah hal yang begitu sederhana menjadi sebuah karya yang menghasilkan inspirasi yang lain. Lewat waktu ini, saya mendapat kehormatan untuk menaruhnya di beranda perjalanan ini. Terima kasih, bung .. setidaknya saya ada materi untuk terus bisa mengisi ruang ini .. hahaa .. salam kopi hitam panas mengepul untuk anda :) ..


PESTA SORE
Kepada: Jati Wirachmat

Hujan berdzikir
Pohonan mendekap menengadah
Jiwanya yang resah sirna
Kala langit menumpahkan susunya

Mendayu lagu
Bersimfoni basah
Rumputan merindu
Berkesah padaku yang payah

Bercengkrama aku dengan bulir bening
Yang menjatuhkan diri menyapa hijau daunan.

Makin megah pesta sore ini
Meski dengan itu raja enggan menghadiri

Rindu pada seorang yang tak pernah kujumpa
Hanyalah katanya selama ini kucerna
Seorang kawan yang aku temukan tanpa duga.

Pintaku pada yang membuat pesta sore ini
Pertemukanlah kami!
Meski tanpa bidadari
Sebatang rokok dan segelas kopi
Cukup membuat kami menari,

(Singgih Wiku Yuwono; Tasikmalaya, 28 Desember 2010)





Bandung, 12 Januari 2011








-------ooOoo-------

Tidak ada komentar: