CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Sabtu, 24 Juni 2017

Kearifan Lokal

PESTA SENJA

Saya sedang teringat Kedai Nona Senja, ketika postingan ini saya ketik. Di Lombok, menjelang Ramadhan tiba biasanya akan kita jumpai acara-acara ditiap 'santren' (mushola) kampung. Beberapa hari sebelum masuk bulan suci puasa, masing-masing mushola mengadakan semacam hajat yang diisi dengan zikir dan makan bersama para warga sekitar mushola tersebut. Acara tersebut bernama ROAH KEBIAN. Para warga secara swadaya membawa masakan masing-masing ke mushola.

Secara nama, ROAH itu artinya hajatan / kenduri dan KEBIAN itu artinya sore. Hajatan ini memang khusus dilakukan hanya jelang Ramadhan saja dan waktunya adalah sore hari selepas ashar. Semua mushola dan masjid berbenah, bersih-bersih sekaligus memastikan lampu tak ada yang mati bohlamnya dan sajadah serta semua mukena 'on fire' nanti untuk digunakan saat tarawih. Tentu saja, 'ritual' itu diakhiri dengan roah kebian yang berisi zikir dan makan bersama tadi.

Menilik maksud dari nama tersebut, saya berpikir sebuah nama lain yang bisa dipahami semua orang. Akhirnya saya melihat bahwa nama lain tersebut adalah PESTA SENJA atau KENDURI SENJA. Sepertinya nama ini yang cocok jika di-Indonesia-kan.


Posting di Bandung, 24 Juni 2017

Tidak ada komentar: