CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Kamis, 31 Desember 2009

SEDIKIT INSOMNIA : Catatan Sekedar Di Akhir Tahun

" Pelangi Senja "
ilustrasi oleh: dapet download dari internet saja



HARAPAN KALA INSOMNIA


- Hal itu mengarah kepada apa yang sering diucapkan oleh orang-orang saat tahun baru tiba. Mengucapkan banyak harapan, padahal itu adalah pengulangan dari harapan-harapan tahun sebelumnya dan setiap tahun selalu diucapkan ulang .. -

SAYA mengetik tulisan ini saat saya tidak bisa tidur. Bahasa ilmiahnya adalah insomnia, begitu orang-orang menyebutnya. Sebenarnya saya sedang malas menulis, tapi karena tidak ada yang dikerjakan ya saya menulis. Daripada bengong, tidurpun tak bisa. Ya sudahlah ..

Ketika ketikan pertama jari-jari saya mengalir dengan setengah hati, saya mengingat sesuatu. Bukan sesuatu, banyak hal yang saya ingat. Semuanya bagi saya adalah hal yang saya inginkan. Bisa diduga bahwa saat mengatakan, “ .. yang saya inginkan .. “, maka itu berarti saya sedang memikirkan harapan-harapan. Kenapa disebut harapan? Sebab belum tercapai atau belum dapat diraih sampai saat ini. Dengan berbagai sebab dan alasan tentunya, sebagai manusia maka kambing hitamnya tentu, “ .. belum ditakdirkan .. hehee .. “.

Semua manusia tentu punya harapan dalam hidupnya, itulah kenapa manusia diperintahkan oleh-Nya untuk berusaha dan berdoa. Bukan sesuatu yang kebetulan jika pagi ini adalah 2 (dua) hari sebelum pergantian tahun, dari tahun 2009 ke 2010. Mungkin nuansa tahun baru telah mempengaruhi segala sendi kehidupan, hingga reflek ide dan gerakan anggota tubuh pun mesti berkaitan dengan tahun baru. Sadar atau tidak sadar, sengaja atau tidak disengaja. Contohnya adalah ide dari tulisan ini, tanpa sadar menulis tentang harapan atau cita-cita. Hal itu mengarah kepada apa yang sering diucapkan oleh orang-orang saat tahun baru tiba. Mengucapkan banyak harapan, padahal itu adalah pengulangan dari harapan-harapan tahun sebelumnya dan setiap tahun selalu diucapkan ulang. Begitulah, manusia selalu terjebak pada momentum dan simbol untuk menggenapkan selebrasi atau seremonial. Padahal harapan itu bisa diucapkan setiap waktu, tidak perlu menunggu tahun baru tiba. Tapi begitulah ..

Saya saat ini malas menulis, itu sudah saya kemukakan diatas. Malas menulis maksudnya adalah menulis sesuatu yang serius dan memerlukan pemikiran panjang. Feature ini salah satunya. Jadi daripada melakukan sesuatu dengan terpaksa, mendingan saya menulis puisi saja.


INILAH WAKTU

Inilah waktu, duhai sayangku ..
Dimana kisahnya telah ditulis pada waktu yang begitu lampau
Inilah waktu, duhai kekasihku ..
Yang membuat manusia terjebak pada ribuan asumsi
Inilah waktu, duhai cintaku ..
Lalu kita mencari-cari wujud mimpi (yang terkadang tak pasti)
Inilah waktu, duhai bunga hatiku ..
Hingga doa-doa pun dibubungkan lewat puja-puji yang menari-nari

Inilah waktu untuk kau tahu dan mesti kita selami
Bahwa tidak ada alasan berhenti bagi manusia pemberani
Aku pun tak pernah sama sekali mengatakan “hanya sampai disini .. “
Inilah waktu dimana kugenggam tanganmu dibibir matahari
Dan disini .. diharapan ini ..
*Kupertaruhkan harga diri dan kehormatakanku sebagai laki-laki,




Bandung, 30 Desember 2009
Di kamarnya Okan, kawan saya yang nge-kost di Jalan BKR




*Dari kata-kata seorang kawan ..




-------ooOoo-------

2 komentar:

Ifa mengatakan...

hopefully better then the year before, sukses yaa..

Jati Wirachmat mengatakan...

Sama2 Ifa .. sukses juga buat kamu :)