CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Sabtu, 06 Februari 2010

PUISI : Kahlil Gibran

JEJAK 'SANG NABI'



Saya posting sebagai dedikasi buat semua yang merasa sebagai pecinta dan menghargai 'cinta' yang mampir di blog ini, sebuah karya dari Kahlil Gibran. Selamat menyelami ..



" Dari Buku Kahlil Gibran: Sang Nabi "
(klik pada gambar untuk melihat lebih jelas)


KAHLIL Gibran lahir di Basyari, Libanon dari keluarga katholik-maronit. Basyari sendiri merupakan daerah yang kerap disinggahi badai, gempa serta petir. Tak heran bila sejak kecil, mata Gibran sudah terbiasa menangkap fenomena-fenomena alam tersebut. Inilah yang nantinya banyak mempengaruhi tulisan-tulisannya tentang alam. Pada tahun 1911 Gibran pindah ke kota New York. Di New York Gibran bekerja di apartemen studionya di 51 West Tenth Street, sebuah bangunan yang sengaja didirikan untuk tempat ia melukis dan menulis.

Sebelum tahun 1918, Gibran sudah siap meluncurkan karya pertamanya dalam bahasa Inggris, "The Madman", "His Parables and Poems". Persahabatan yang erat antara Mary tergambar dalam "The Madman". Setelah "The Madman", buku Gibran yang berbahasa Inggris adalah "Twenty Drawing", 1919; "The Forerunne", 1920; dan "Sang Nabi" pada tahun 1923, karya-karya itu adalah suatu cara agar dirinya memahami dunia sebagai orang dewasa dan sebagai seorang siswa sekolah di Lebanon, ditulis dalam bahasa Arab, namun tidak dipublikasikan dan kemudian dikembangkan lagi untuk ditulis ulang dalam bahasa Inggris pada tahun 1918-1922.

Pada tanggal 10 April 1931 jam 11.00 malam, Gibran meninggal dunia. Jenazah Gibran kemudian dikebumikan tanggal 21 Agustus di Mar Sarkis, sebuah biara Karmelit di mana Gibran pernah melakukan ibadah. Dari secarik kertas yang ditinggalkan oleh Gibran, "Di dalam hatiku masih ada sedikit keinginan untuk membantu dunia Timur, karena ia telah banyak sekali membantuku."

(lihat lengkapnya pada sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kahlil_Gibran)




*Judul " Apabila Cinta Memilihmu " oleh saya sendiri







-------ooOoo-------

Tidak ada komentar: