CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Selasa, 02 Februari 2010

INGATKAN AKU UNTUK LUKA : Catatan Saat Tersadar Dari Lupa

" Tersudut "
ilustrasi oleh: dari browsing di google.com saja


SKAK MAT
*Aku (sering) Lupa (jika) Aku Luka


- Bukankah bulan purnama itu dimulai dari bulan sabit? Bukankah panasnya siang itu ditandai dengan hangatnya mentari pagi? Bukankah hujan deras itu diawali dengan tetesan-tetesan yang lebih menyerupai gerimis? .. -

MANUSIA terlahir dengan berbagai kelebihan dan banyak kekurangan. Kesempurnaan adalah bagian dari keinginan manusia namun bukan berarti manusia akan menjadi sempurna. Sudut pandang saja yang memberikan makna itu dengan saling melengkapi antara manusia yang satu dengan manusia lainnya. Agar bisa kearah itu, maka manusia dianjurkan untuk saling berhubungan baik dan harmonis dalam kehidupannya.
Satu hal yang terkadang membuat manusia melakukan kesalahan adalah sifatnya yang mudah lupa. Realita yang ada telah membuat manusia sering terjebak dipersepsi pribadi. Kenyataan yang dimaksud adalah kenyataan yang ada dalam angan-angannya, bukan kenyataan yang sebenarnya. Saya sendiri adalah contoh konkritnya. Senantiasa terlindas khayalan sendiri hingga ketika berhadapan dengan realita ternyata harus mengakui itu tanpa perlawanan. Dunia ini menjadi kosong dan tidak ada tempat untuk bersembunyi atau sekedar lari sejenak mengubur diri dari tikaman kenyataan yang ada.
Mungkin adalah kewajaran manusia (saya) mempunyai keinginan-keinginan. Memiliki harapan-harapan yang baik dengan cara yang baik untuk tujuan yang baik. Bukankah saya diciptakan (dilahirkan) dengan baik-baik, dibesarkan dengan baik-baik, dan menjalani hidup dengan (selalu belajar menjadi) baik-baik? Tapi senantiasa saja semua menjadi seperti jauh panggang dari api, hangatpun tak ada hanya cahaya saja yang nampak. Lalu kebingungan sering melanda dan ‘Tuhan’ membisu (saat saya menulis ini dengan lamunan teringat ibu, maafkan..).
Jutaan kilometer selalu dimulai dari satu langkah pertama. Saya meyakini itu sebagai sebuah perjuangan untuk terus bergerak menjadi manusia yang sebenarnya. Menjadi manusia yang tidak hanya tergeletak dititik nol saja, namun berlari tanpa batas mencapai angka tertinggi. Bukankah bulan purnama itu dimulai dari bulan sabit? Bukankah panasnya siang itu ditandai dengan hangatnya mentari pagi? Bukankah hujan deras itu diawali dengan tetesan-tetesan yang lebih menyerupai gerimis?
Sebenarnya orang lain bisa menjadi sekedar pembagi semangat dan berbagi cerita, walau ternyata tidak semudah yang disangka. Mungkin akan tidak adil jika saya harus membuat orang bersusah payah untuk hadir dalam cerita. Cuma insting manusiawi mengharapkan ada lentera buat saya menapaki jalan. Saya tidak (pernah) menyerah dan saya tidak takut (jika harus) berjalan sendiri, tapi seorang ‘teman’ akan membuat saya merasa lebih terkendalikan. Sebab manusia akan sering lupa dan ‘lupa’ dengan dirinya.

BANGUNKAN AKU DENGAN JEMARI

Cerita hujan hari ini adalah prolog tentang esok pagi
Membasuh muka mari kita melihat dunia
Bangunkan aku ..
Karena lelapku dalam mimpi hingga terdampar pada sadar

Tolong buka dan kaitkan jemari ini dengan kenyataan-kenyataan
Sebab aku terkadang tak sanggup melawan
Berikan aku semangat kata-kata itu untuk menggugah keberanian
Dalam sebuah harapan yang hidup,

(Bandung, 2 Pebruari 2010)

Sebuah pesan hinggap disudut malam, “Menjadi lelaki harus selalu siap jika harus berjalan sendiri..”. Terima pahitnya dan jika ada nikmati manisnya. Yah, saya ingin selalu kuat dan bertempur sampai titik jalan penghabisan.



Bandung, saat yang sama dengan waktu pada puisi
Terinspirasi dari Padi: Sesuatu Yang Tertunda





*judul lagu Burgerkill



-------ooOoo-------

1 komentar:

Ifa mengatakan...

mengutip kata² mase sul.. "jangan besedih.. kamu nggak sendiri" hehehe simple tapi berarti banget, kadang kita memang merasa berjalan sendiri tp percayalah.. diluar sana, ada temen² kamu yg tanpa dimintapun pasti selalu ada buat kamu untuk menemanimu berjalan dan melangkah.. cheers ^_*