CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Selasa, 16 September 2008

SEPTEMBER.. ough, SEPTEMBER..


SEPTEMBER (tidak) CERIA


Andaikan aku bisa / Berikan kau harapan.. yang kau mau / Harapan yang sempurna / Apa yang bisa membuat kau bahagia / Andai ku bisa / Kau.. terlalu berharga / Didalam hidupku / Hanya kau yang tersisa / Dimimpiku .. / … “ (Kamu Nyata – Soundtrack film d’bijis).

Sebenarnya potongan lagu diatas sama sekali nggak nyambung dengan judul tulisan ini. Kenapa? Ya.. hayang we.. Tapi kurang tau juga kalau dipaksa untuk disambung-sambungkan. Mungkin saya jadi bingung mau nulis apa. Mungkin juga lagu yang pas buat mengiringi ketikan word pertama saya adalah “November Rain”-nya Guns ‘n Roses, hahahaha jelas-jelas bulan September tapi keukeuh pengin November. Pakai rain segala, musim kemarau kan masih bertakhta dengan angkuhnya. Paling juga ada gerimis yang suka datang nggak jelas. Lalu gimana dengan “Januari Di Kota Dili”-nya Rita Effendi? Tambah lieur, heu..heu.. ya sudahlah..

Walaupun sebab dan konteksnya berbeda-beda, tapi tetaplah September kali ini mungkin kurang ‘bergairah’ bagi sebagian kecil manusia dibumi ini, termasuk juga saya. Namun, mungkin juga sangat ‘luar biasa’ untuk manusia-manusia lainnya. Toh, peruntungan kan bisa berbeda-beda. Disudut-sudut kota dan dijalan-jalan yang ramai, September sepertinya terasa sama saja dengan bulan-bulan lainnya. Tidak pernah ceria (baca; membahagiakan), alurnya begitu-begitu saja. Tetap aja mengemis dan ngamen. Menggelandang dari lampu merah ke lampu merah. Dianggap 'sampah masyarakat' karena tidur disembarang tempat dan dikejar-kejar Satpol PP yang beringas.

Pertengahan bulan September 2008 ini ‘penguasa’ Kota Bandung dilantik setelah mereka memenangkan pilkada yang mungkin terasa menegangkan (paling tidak buat keluarga dan tim suksesnya). Tentulah, bulan ini bagi mereka kemudian menjadi begitu ceria. Hebohlah cerianya hehehehe… Lalu tingkat daya beli masyarakat yang meningkat drastis dibulan Ramadhan (baca; September) dan menjelang Lebaran Idul Fitri juga telah membikin perasaan para pemilik supermarket dan mall menjadi berbunga-bunga alias ‘ceria’ tak terkira. Omset melambung, untung menggelembung hohohohohohoo…

Saya? ehm..ehm.. CERIA DIMANA COY… hehehe kacau balau we nu aya. Adeuh.. saya sudah kehabisan kata-kata buat menceritakannya. Sama sekali bukan masalah materi. Itu mah lewat dan udah nggak saya pikirin.. Disini masalah saya adalah sangat pribadi dan menyentuh sekali hikz..hikz..hikz.. sudahlah.. pasrahkan sajalah kepada Yang Maha Kuasa karena Ia yang memberi dan mengatur segalanya.

Sayang sekali saya bukanlah seorang penyanyi atau pencipta lagu yang handal. Kalau misalkan iya, mungkin saya akan membikin sebuah lagu tandingan buat ‘mementahkan’ lagu “September Ceria”. Ya paling nggak membuat lagu dengan versi yang berbeda. Kalau itu bisa terjadi, wah hebat sekali tentunya. Untuk video klip saya pikir banyak sekali materinya. Tinggal keliling-keliling Bandung buat nge-shoot gambar plus gambar film tentang suasana saya sendiri, maka jadilah sebuah klip lagu yang keren hhehehehe.. nggak perlu pake model atau sewa bintang film. Gambar diri sendiri dan keadaan sekeliling saja sudah cukup kayaknya. Sangat natural dan tentu saja valid rasional..

“… September ceriiiaaaa... / …”, adeuh sayang, sumpah.. lagu itu basi banget…


(Pondok Nadin – Jatinangor, September 2008)




------------oooooooooo-------------

Tidak ada komentar: