CINTAI LINGKUNGAN UNTUK SELAMATKAN BUMI KITA : Iklan Layanan airbening21 Untuk Semua

Berbagi Apa Yang Bisa Dibagi

Kamis, 08 Mei 2008

Bercanda Dengan Kenangan Lewat Buku dan Lagu

MENCARI (kembali) INSTING


Sudah sekitar 3 (tiga) hari ini saya membaca “ Ada Seseorang Di Kepalaku “. Buku yang saya pinjam dari seorang kawan. Saya tidak tahu apakah buku ini keluaran terbaru atau bukan, sebab kumpulan cerpen karya Akmal Nasery Basral dari IMPERIA ini cukup asyik juga untuk dijadikan ‘cemilan’ sambil ngopi. Dengan bahasa yang lumayan ringan membuat naluri saya kadang tenggelam dalam khusyuk. Tapi, ketika mengetik tulisan ini saya akhirnya memilih lagu – lagu dari Panas Dalam sebagai backsound. Celotehan berirama dari para dosen muda yang masih tetap setia nge-band ini cukup ampuh juga untuk mengajak jari – jari saya mengocok keyboard komputer. Buku dan musik yang punya karakter cukup berbeda. Nggak apa-apalah, bukankah Tuhan menciptakan alam semesta raya beserta dengan segala isinya ini dengan berbagai macam perbedaan sebagai warna-warni kehidupan yang indah. Demokratis sekali..

Sebenarnya (sungguh mati).. Saya saat ini ingin (sekali) menulis puisi. Kenapa puisi? Sebab selain puisi, belakangan ini tidak ada yang beres saya tulis. About The Women dan Pengamanan Lokal adalah 2 (dua) judul tulisan –yang saat ‘keinginan’ ini saya ketik- yang masih berbentuk se-paragraf saja. Susah sekali saya lanjutkan ha..ha..ha.. luar biasa sekali. Kadang-kadang memang keinginan saya terlalu menggebu-gebu untuk menuangkan isi otak, tanpa mengukur kondisi tentunya. Kalau dalam keadaan ‘fit’ sih nggak apa-apa. Bukankah tidak semua isi otak itu bisa dituliskan? Sebab memang ada yang hanya cocok untuk diceritakan secara lisan saja. Tidak berbentuk huruf-huruf merangkai kalimat dengan segala aturan penulisan yang baku dan sesuai dengan EYD. Ah.. pusing kepala nih! Segelas kopi dan dua batang rokok ternyata tidak cukup untuk mengantarkan tulisan ini sampai selesai. Jadi? Ya selesaikan saja sampai disini. Gampang kan hhooo..ho..ho.. yo ah, maaarriiii..





*BERCANDA DENGAN KENANGAN
.. sudah jangan ke Jatinangor .. dia sudah ada yang punya .. (Panas Dalam)


Tentang tetes-tetes bening yang hadir setiap pagi
Maka, Tuhan memberi nama engkau embun
Karena dingin berbentuk awan yang turun paling rendah
Maka, Tuhan memberi nama engkau kabut
Serupa selendang bidadari yang mengikat angkasa setiap habis hujan
Maka, Tuhan memberi nama engkau pelangi
Sebab menyapa pasir pantai dan membawa pesan dari samudera
Maka, Tuhan memberi nama engkau gelombang
Sebab memberi sejuk dengan aroma wangi terjauh sekalipun
Lalu, Tuhan memberi nama engkau angin gunung sepoi

Seperti biasa ..
Desah cerita itu hadir dan menggebrak lorong-lorong lamunan
Mengepul tak mengenal batas waktu
Menggulung sekaligus menyeret
Dan memberi warna-warni tentang duka dan terkadang bahagia

Untuk itu ..
Tuhan pun memberi nama engkau KENANGAN
(yang pahit) dengan berbisik aku menambahkan
*Dan luka yang mulai mengering
Selalu terkoyak kembali..


(Jatinangor, 8 Mei 2008)



Sedikit (saja) keterangan :
*Dicomot dari sebagian cerpen “Ada Seseorang Di Kepalaku” karya Akmal Nasery Basral. Cerpennya sendiri berjudul “Dilarang Bercanda Dengan Kenangan”. Keparat buat Ipang dengan lagu Sekali Lagi.

Thanks to syair dan nada pada “Segelas Kopi, Segitiga Merah Maroon, Gundah Gulana Pacar Aktivis, Tong Gandeng, Unpad, Inipun Kasih Sayang, Jatinangor oh Jatinangor” dan beberapa tembang lain didalam album Panas Dalam. Selain itu terima kasih juga untuk beberapa nyanyian dari Malaysia yang telah membuka waktu pertama mengetik. Berkat lagu-lagu itu (paling tidak) akhirnya sebuah puisi selesai juga, walaupun sangat mentah dan kacau. Tak apa-apalah he..he..he..





------0000------

Tidak ada komentar: